Cara Menginstal OS dengan USB Flashdisk Tanpa Software


Cara menginstal OS dengan USB Flashdisk- Menginstal OS pada komputer tentunya sangat penting sekali. karena dengan adanya sebuah OS pada komputer kita, maka sebuah komputer tersebut dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Tanpa adanya sebuah Sistem Operasi pada komputer, tentu akan membuat komputer kita tidak bisa digunakan.

Dalam sistem Operasi terdapat bermacam aplikasi  yang sangat berguna sekali untuk membantu kita dalam mengontrol manajemen hardware serta dapat membantu kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Sistem Operasi sekarang ini bermacam macam mulai dari Windows, Linux, Unix hingga Mac Os. Tetapi paling banyak digunakan sekarang ini adalah sistem operasi dari windows yang terdiri dari bermacam macam yaitu: Windows Me, Windows XP, Windows 2003 Server, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan lain lain.

Cara Menginstal OS sebenarnya sangat mudah sekali, hanya jika anda sebagai pemula tentu membuat anda takut untuk melakukannya karena alasan takut rusak atau bla bla. Cara menginstal OS dengan USB dapat dilakukan dengan menggunakan Command Prompt. Karena berbeda dengan menginstal OS dengan DVD. Cara ini dapat digunakan bagi komputer atau laptop yang tidak mempunyai DVD Rom. Berbeda juga dengan Menginstal OS dengan USB dengan software yang langsung menggunakan software portable rufus. Langsung saja berikut Cara Menginstal OS di USB Tanpa Software:

Cara Menginstal OS Tanpa Software


1. Langkah pertama, tancapkan flashdisk anda ke komputer atau laptop anda.

2. jika flashdisk sudah terbaca, buka RUN dengan menekan tombol Windows+R pada komputer kita

3. Kemudian setelah itu akan muncul menu RUN, lalu ketikkan saja CMD dan selanjutnya enter.


4. Pada Menu CMD/ Command Prompt, ketikkan diskpart untuk mulai menyeting USB


5. Setelah itu akan terdapat menu baru dari diskpart. lalu ketikkan select disk 1

 

6. kemudian ketikkan clean


7. Lalu Ketik Create Partition Primary


8. Selanjutnya ketikkan List Partition untuk melihat partisi pada flashdisk, lalu pilih partisinya dengsn mengetikkan select partition Primary  1


9. Setelah itu ketikan active, untuk mengaktifkan  USB Flashdisk kita.


10. Lalu format flashdisk dengan mengetikkan format fs=ntfs , untuk menformat dengan waktu yang cukup lama. atau dengan format fs=ntfs quick, utuk menformat dengan cepat.



11. selanjutnya ketik assign


12. kemudian ketikkan exit untuk langsung keluar dari menu diskpart.


13. langkah terakhir. Copy file ISO OS yang akan anda gunakan untuk menginstal



note: Langkah mengatur USB ini  digunakan untuk OS windows XP ke atas, jika anda menggunakan Windows XP, langkah ini tidak bisa dijalankan. Tapi anda tak perlu khawatir karena anda bisa dengan Cara Menginstal OS dengan Software.

kita dapat mengcopy file ISO atau file OS kita di flashdisk setelah mengatur USB kita di CMD tadi. Dapat diisi dengan OS macam Windows, maupun Linux.
Langkah langkah di atas saya praktekkan di windows 8, kalo untuk dipraktekkan ke linux, saya masih belum mencoba. Tunggu saja di postingan selanjutnya Terima Kasih. Semoga Bermanfaat :)
 
Thanks for your comment